KODIM 0832/SURABAYA SELATAN

Persingkat Panen, Babinsa Bangkingan Bantu Siapkan Bibit Padi IR 64

24 Aug 2017 - 13:34 WIB

SURABAYA ,- Babinsa Kelurahan Bangkingan Serka Masroni, melaksanakan pendampingan petani untuk membantu penyiapan bibit padi pada MT (Masa Tanam) III di wilayah Kelurahan Bangkingan Kecamatan Lakarsantri Kota Surabaya, Kamis (24/08/2017).

 

Menurut Anggota Koramil 0832/08 Lakarsantri tersebut, bibit disesuaikan dengan musim kemarau.

 

“Petani beli bibit sendiri, menggunakan bibit IR 64. Karena masa panen tidak terlalu lama, hanya 2 setengah bulan sudah bisa dipanen”, terang Serka Masroni.

Ia (Babinsa) menjelaskan, jumlah bibit disesuaikan dengan penanaman yang bisa di tanam saja.

 

“Sekitar 0.4 hektar yang dekat Sungai Makmur, dan pengairan menggunakan mesin diesel,” pungkasnya.

 

Sholikhan, Petani penggarap di RW.3 menyampaikan, untuk petani yang khususnya wilayah Kelurahan Bangkingan istilah MT III adalah Getikan (penanaman padi tambahan atau penanaman musim kemarau).

 

“Pengairan menggunakan mesin diesel pribadi dengan memanfaatkan sungai, sehingga petani hanya bisa tanam separuh lahan yang digarap karena perhitungan rendah datarnya lahan sawah dan perhitungan biaya yang dikeluarkan”, jelasnya.

 

Setiap 1 Minggu dilaksanakan pengairan, dan Petani wilayah Bangkingan yang sudah menanam untuk MT III sudah berpesan melalui Babinsa atau PPL. “Mengharapkan bantuan obat-obatan yang sudah dilaksanakan pada MT II”, demikian pungkas Sholikhan.

 

 

(MCDim0832_Srt Ags)


TAGS   Swasembada Pangan Nasional / Pertanian /


Serbuanter Kodim 0832/Surabaya Selatan

Kodim0832
KODIM 0832/SURABAYA SELATAN JL. TEGALSARI 89 SURABAYA

Recent Post

Recent Comments

Archive